Pages

Cell Phone

Wednesday, December 5, 2012

Tips Mempercantik Blog dengan Memasang Widget

Buat sobat yang baru memulai dari MembangunBlog dari AWAL, dan ingin mengganti tampilan atau templatenya, cara mengganti template bawaan blogger bisa dilakukan dengan Langkah Sederhana Mengganti Tempelate Blogspot atau bisa juga dengan Mengganti Template Blog denganTemplate Download-an dari orang-orang yang memberikan template gratis . Nah setelah blog itu jadi dan sobat udah siap dengan template yang sesuai selera, ada kalanya kita lakukan beberapa langkah untuk mempercantik blog.

Mempercantik blog dengan menambahkan beberapa menu navigasi tambahan, widget ataupun efek pada kursor secara umum ditujukan untuk memperindah tampilan blog Sobat dan membuat struktur navigasi yang baik didalam blog itu sendiri sehingga memudahkan pembaca dalam mengakses halaman blog serta membuat mereka betah berlama-lama membaca di blog kita.

Widget itu sendiri adalah sebuah elemen yang berguna dan mudah digunakan baik yang telah disediakan oleh penyedia layanan blog maupun berasal dari pihak ketiga (third party)

Penggunaan serta pemasangan widget telah sangat dimudahkan oleh pihak-pihak penyedia layanan, sehingga yang Sobat perlukan hanya mendaftar atau bahkan ada yang tidak perlu mendaftar sama sekali, cukup mengcopy scrift yang telah disediakan dalam element blog sobat.

Nah berikut ini 58 widget pilihan untuk mempercantik tampilan blog Sobat.

1. MyBlogLog’s Recent Readers – Widget satu ini sejak kehadirannya didunia blog langsung mendapat sambutan meriah layaknya seleb baru yg lagi naek daun. Widget ini memperlihatkan avatar dari para pengunjung blog Sobat.
 
2. Mashable – Widget ini menyediakan semacam newsreel (headline news) dalam element blogger yang memberikan cuplikan berita/postingan dari sosial networking.
Bedanya ada pilihan warna untuk disesuaikan dengan layout blog Sobat.

3. Headline News – Seperti widget mashable, widget ini pun menampilkan cuplikan headline berita dari situs-situs di seluruh penjuru dunia.

4. Flickr Flash Photo Stream Badge – Widget ini menampilkan photo-photo dari profil flickr Sobat secara berurutan dan dengan sentuhan flash. Flickr merupakan bagian dari yahoo jadi untuk mendapatkan widget ini Sobat memerlukan account yahoo seperti pada widget MyBlogLog di atas.

5. Preview Anywhere – sudah cukup terkenal juga nama snapshots bagi pengguna blogger bahkan untuk wordpress widget ini menjadi rekomendasi khusus dalam dashbord admin penggunanya. Fungsinya untuk melihat preview link keluar dengan tampilan popup yang tidak terlalu besar ketika pengunjung mengarahkan mouse pada teks atau banner yang “mengandung” link. Pro-kontra memang selalu ada; sebagian menganggap widget ini berguna karena menSobatkan kejujuran kita selaku pemilik blog.

6. Twitter Badge – Jika dalam keseharian hidup Sobat banyak hal-hal menarik dan begitu penuh warna dengan segudang aktifitas serta ingin agar orang lain tahu dan menampilkan cuplikan kalimat-kalimat pendek (140 karakter) Sobat sedang melakukan kegiatan ini, Sobat sedang berada dimana, Sobat sedang bersama siapa, Sobat sedang, sedang, dan sedang lainnya. Maka widget ini cocok untuk dipasang pada blog Sobat.

7. Digg News – Widget ini manampilkan Link terakhir yang masuk ke Digg sebuah social bookmarking yang sudah “kakoncara” dijagat perbloggan mah lah. Pilihan theme dan warna mudah untuk Sobat atur agar sesuai dengan template blog Sobat.

8. FEEDJIT –Feedjit merupakan layanan real time traffic pada blog Sobat. Ada empat pilihan widget Feedjit yang bisa Sobat gunakan, silahkan kunjungi saja Feedjit dan lihat empat widget apa saja yang tersedia.

9. LineBuzz – Komentar dalam widget inline untuk Blog Sobat. Widget ini sangat berguna bagi blog yang memiliki frekuensi di atas 900 Mhz tinggi dalam menerima komentar, sehingga memudahkan berkomentar jika terjadi diskusi yang berkepanjangan, Hanya sayang, pengunjung harus terdaftar LineBuzz dulu untuk berkomentar

10. Flixn – Jika kompi atau laptop Sobat terpasang webcam, maka widget ini bisa digunakan untuk memperlihatkan ekspresi Sobat langsung melalui blog Sobat

11. 3Jam – Widget ini memudahkan pengunjung blog untuk berinteraksi dengan Sobat dengan mengirimkan SMS pada henpun Sobat tanpa mereka tahu nomor HP Sobat.

12. Jaxtr – Seperti halnya widget 3jam di atas, dengan menggunakan widget Jaxtr ini, pengunjung blog bisa menghubungi HP Sobat tanpa mereka tahu nomor HP Sobat.

13. LinkedInABox – Menampilkan profile Sobat di LinkedIn. Dan widget ini sangat cocok untuk blog personal.

14. Box Widget – Dengan widget ini, memudahkan pengunjung blog Sobat untuk mengupload file ke tempat penyimpanan online box.net melalui widget box.net pada blog Sobat.

15. Price of gas – Menampilkan harga bahan bakar kendaraan bermotor secara online (US$), kalo di Indonesia mungkin seperti harga Bensin premium, pertamax dan solar. “sangat cocok” untuk pengunjung blog Sobat yang mobilitasnya tinggi. tapi kalo blog Sobat memang membahas masalah gas bumi, bahan bakar dan yang sejenis maka widget ini sangat cocok, lagian tidak perlu mendaftar hanya mengcopas scrift yang disediakan Gas-Cost.Net.

16. iBegin Weather Widget – Menampilkan laporan cuaca untuk wilayah Kanada dan Amerika. Seperti widget Price of Gas di atas widget ini hanya cocok untuk blog yang memang membahas masalah yang sama.

17. ClockLink – Sepertinya widget ini yang paling banyak diminati dan digunakan para blogger yang peduli dengan manajemen waktu seperti namanya clock, widget ini menampilkan petunjuk waktu atau jam pada blog Sobat.

18. Film Loops – Menampilkan kesimpulan filem terakhir yang Sobat tonton melalui account FilmLoops Sobat.

19. Daily Painters – Widget ini sangat cocok bagi Sobat yang berjiwa seni tinggi karena widget ini menampilkan lukisan-lukisan dari pelukis terkenal di dunia.

20. WhoLinked – Memperlihatkan kepada pengunjung blog Sobat situs-situs yang telah melink pada blog Sobat. tidak perlu mengupdate karena WhoLinked ini secara teratur mengupdate sendiri web/blog yang melink blog Sobat.

21. Criteo AutoRoll – Widget ini memperlihatkan link menuju blog-blog yang sehaluan dengan blog Sobat.
 
22. Calender – Berbeda dengan wordpress yang sudah mempunyai widget ini di dalamnya, untuk pengguna blogger widget kalender belum tersedia, oleh karenanya jika Sobat ingin menampilkan kalender maka widget satu ini pantas di perhitungkan.

23. Bitty Browser – Menampilkan web browser “mini” pada sidebar blog Sobat. Tapi mesti hati-hati sama yang namanya “mini” ada rok mini, metro mini, dan mini-mini yang lainnya

24. Leafletter – Ini juga sama masih masalah mini, widget ini membuat website mini dan menyimpannya pada blog Sobat.

25. WikiSeek – Menampilkan widget untuk pencarian pada Wikipedia.

26. FeedCount – Menampilkan jumlah pengunjung blog Sobat melalui banner kecil dan widget ini berhubungan dengan account feedburner Sobat.

27. Technorati Link Count – Menampilkan reaksi jumlah link yang menuju blog Sobat dari salah satu directory blog terbesar dan terpopuler abad ini Technoraaaaati.

28. MyPageRank – Inilah cara lain untuk menunjukkan betapa hebat dan bermanfaatnya blog Sobat dengan menampilkan Ranking Google atau Google PageRank (PR).

29. CheckPageRank – Pilihan lain untuk menampilkan PR blog Sobat, namun kelebihannya widget ini menampilkan juga ranking Alexa.

30. Counter Statistic – Bagi Sobat yang ingin melihat jumlah pengunjung Sobat sehari-hari, maka widget ini adalah salah satu yang menyediakan fasilitas tersebut.

31. Web/Blog Counter – Widget ini datangnya dari Histats.Com yang memungkinkan Sobat bisa melacak pengunjung datang dari mana saja, lewat pintu mana saja, dan menghitung jumlah pengunjung blog Sobat sehari-hari berapa, referer dari blog mana saja, dan jika melalui search engine semisal google, yahoo, msn menggunakan keyword apa. Jika Sobat ingin melihat IP Address pengunjung blog Sobat, widget histats ini yang bisa saya rekomendasikan.

32. BlinkxIt – Widget mantab sangad karena menampilkan banner kecil dibawah setiap postingan blog Sobat, ketika banner BlikxIt itu di klik maka keluar mini popup seperti snapshot dan menampilkan video yang berhubungan dengan postingan blog Sobat.

33. Skype button – Seperti widget menampilkan status online YM pada blog Sobat, widget ini pun hampir sama cuma bedanya status online/offline pada account skype Sobat yang ditampilkan.

34. RockYou Horoscope – widget ini menampilkan ramalan dari horoscope

35. Bravenet Horoscope – Seperti halnya widget di atas, bravenet pun menyediakan widget horoscope untuk blog Sobat.

36. del.icio.us Tagometer – Widget ini menampilkan berapa banyak pengguna del.icio.us membookmark blog Sobat.

37. del.icio.us Linkrolls – Widget ini menampilkan bookmark terakhir Sobat dari del.icio.us.

38. Timelines – Perlu membuat timeline untuk blog Sobat? Maka widget cukup mudah digunakan, hanya perlu memasukan RSS blog Sobat lalu memasukkan ukuran lebar dan tingginya.

39. PollDaddy – PollDaddy memberikan Sobat kemudahan membuat sebuah poling atau survey theme yang sangat cantik dan menawan hati tanpa batas waktu.

40. Vizu – Pilihan widget lain untuk membuat poling pada blog Sobat, kelebihannya widget ini cocok dengan platform blog manapun.

41. AnswerTips – Memperlihatkan jawaban dari Answers.com untuk berbagai macam istilah yang terdapat pada blog Sobat.

42. AnswerBoxes – Masih widget dari Answer.Com hanya saja widget ini memberikan kesempatan pada pengunjung blog Sobat untuk memasukan istilah yang tidak dimengerti dan mendapat jawaban dari Answer.Com.

43. Now Playing – Jika Sobat ingin sharing playlist musik yang sedang Sobat dengarkan dan ingin agar pengunjung blog Sobat juga mendengarkan, nah Signamp menawarkan widget ini, biar signamp yang melakukan trik bagaimana hal itu mungin terjadi.

44. BuzzBoost – Menampilkan headline dari RSS FeedBurner blog Sobat pada blog Sobat sendiri ataupun blog Sobat yang lain atau juga pada blog teman Sobat atau mungkin blognya sodara Sobat atau juga pada blognya dia, mereka dan dirinya.

45. LibraryThing – Tampilkan buku terakhir yang telah Sobat baca wahai kutu buku

46. Plaxo Address Book – Izinkan pengunjung setia yang telah Sobat percayai untuk mengakses buku tamu mereka langsung dari blog Sobat.

47. AuctionAds – Widget yang menampilkan pelelangan barang dari eBay, dan memberikan kesempatan pada untuk mendapat persentase dengan catatan pengunjung blog Sobat membeli barang lelang tersebut.

48. aStore – Hampir mirip dengan AuctionAds di atas, hanya saja widget ini datangnya dari Amazon. Widget ini memungkinkan Sobat menampilkan “warung sederhana” tapi jika ada yang beli lewat warung Sobat tersebut Sobat mendapatkan keuntungan dari Amazon.
49. Deal of The Day – Masih dari Amazon ini merupakan widget paling anyar yang dirilis amazon. Yang menarik dari widget ini adalah diskon besar-besaran yang ditawarkan untuk pengunjung blog Sobat. Dan jika ada yang membeli barang dari widget tersebut tentu Sobat mendapat persenan dari amazon, lumayanlah buat beli kacang goreng. Heuheu.
50. Plazes – Widget ini menampilkan dimana posisi Sobat, apakah sudah PW atau belum…? Kalo belum PW cari dulu deh tempat yg nyaman buat ngeblog biar PW . Nah widget ini menampilkan lokasi peta dimana kamu berada. *nyambungkah?*

51. Stockalicious – Perlihatkan portfolio Sobat dengan widget ini, dan sharing dengan blogger lain. Biar semua orang tahu berapa banyak dana yang telah Sobat keluarkan untuk ngeblog.

52. Yahoo! For Good – Widget ini untuk membuat “kotak amal” dan akan didonasikan kepada yang berhak menerimanya. Jadi bagi Sobat yang berjiwa sosial, rasanya widget ini perlu, anggap saja blog Sobat warung atau toko yang menerima penitipan kotak amal.
 
53. Giftspace – Sahabat ataupun teman blogger akan memberi hadiah di hari Ultah
Sobat tapi mereka tidak tahu harus membeli hadiah apa yang sekiranya Sobat inginkan. Nah melalui widget ini biarkan mereka tahu kado apa yang sebenarnya Sobat inginkan.

54. MixMap – Dari widget ini Sobat bisa melihat pengunjung profile MySpace Sobat dari sebuah Peta.

55. Google Map Widget – Perlihatkan pencarian pada peta google dari blog Sobat.

56. Google Video Search – Tampilkan form pencarian video dari video pilihan pada blog Sobat.

57. This Day in History – Widget ini menampilkan cuplikan bahwa hari ini ada sejarah apa pada masa lalu.

58. Shoutbox – Fungsi shoutbox adalah untuk menampung pesan singkat teman atau para blogger yang tengah blogwalking. Untuk shoutbox banyak pilihan yang bisa Sobat gunakan diantaranya, Shoutmix, Cbox, atau kalo Sobat berorientasi nasionalis dan cinta produk dalam negeri Sobat bisa memilih Oggix. Dan awal 2008 ini oggix pun meluncurkan versi blognya, jika Sobat ingin berpindah layanan atau sekedar mencoba blognya oggix silahkan daftar.

Demikianlah beberapa widget yang bisa digunakan untuk mempercantik blog Sobat. Pilih saja yang sekiranya bermanfaat dan cocok untuk blog Sobat. selamat mencoba semoga bermanfaat.

Sumber : iwan-cahayadi@blogspot.com

0 comments:

Post a Comment